Nenek Moyang di Nusantara ini BUKAN ORANG SEMBARANGAN !!! | DEWA SIHIR AGENCY

Nenek Moyang di Nusantara ini BUKAN ORANG SEMBARANGAN !!!

by Vionelix

Seperti judul diatas, orang orang dahulu yang “menghuni” Nusantara yang kaya, adalah bukan orang orang sembarangan. Kenapa bisa demikian?

Sejarah bisa kita lihat dari apa yang ditinggalkannya. Sekarang mari kita lihat apa saja yang ditinggalkan nenek moyang kita di Nusantara kita ini:

Bangunan

Diantara banyak yang ditinggalkan, salah satunya adalah bangunan. Bangunan paling megah adalah candi. Ya, seperti yang sudah anda lihat di buku buku sekolah. Candi Borobudur salah satunya. Begitu megah bukan? Kira kira siapa yang membuatnya dan untuk apa? Pertanyaan ini mungkin gak penting. Tapi sesuatu itu pasti ada sebab dan alasannya. Tidak mungkin sesuatu dibuat asal asalan. Apalagi dengan jumlah yang banyak dan volume yang besar. Betul? Jelas sekali, para pendahulu kita, bukan orang sembarangan…

Bukan hanya bangunan seperti candi, tapi juga bangunan adat. Rumah adat tiap suku. Semuanya memiliki seni dan filosofis yang mendalam. Artinya bukan cuma hiasan keindahan. Tapi ada maknanya disetiap seni yang dibuat.

Pakaian adat

Siapa yang tidak pernah liat pakaian adat? Mungkin kau terlalu kebarat baratan, sehingga aksesoris tanah asalmu lupa… Yaps, mereka yang memakai pakaian adat dari tiap daerah memiliki makna tertentu. Ada perlambang keanggunan, kekuatan, kebijaksanaan, dan lain lain. Mari kita bandingkan dengan baju tanah gurun…. Jauh beda bukan?

Sebagian menggunakan aksesoris berupa bagian bagian burung. Misal sayap, paruh, dll. Ada juga yang pakai taring. Itu semua memiliki makna filosofis tersendiri… Bukan cuma soal keren atau engga. Ada nilai spiritualnya…

Ada lagi yang membantah. “Kok pakaian buka aurat di pertahankan… aneh!”. gaes… Cuma orang yang imannya lemah saja yang berbicara demikian…. Ini soal ke dalam diri, bukan ke luar diri…

Seni Budaya

Nah yang ketiga, seni dan budaya. Nusantara ini orang orangnya ramah…. Sudah semestinya menjadi kiblat bagi penduduknya. Berbeda kalau kita yang memang sudah “oke”, tapi berkiblat ke gurun… Ya bakalan kembali ke zaman primitif… Kita sudah maju dibanding disono…. Kesenian daerah, wayang, tari tarian, alat musik, dan budayanya, sungguh mencerminkan tingginya spiritual orang orang Nusantara. Tapi, semenjak banyak yang berkiblat ke gurun… ya bakalan turun.

Mungkin lupa dengan tanah dimana dia dilahirkan… diberi makan… minum, hidup, dll. Malah suka ke gurun. Kan lucu 😀

Kesimpulannya, Nenek Moyang Nusantara jelas bukan orang sembarangan. Dari seni budaya, tarian, seni rupa, rumah adat, bangunan, pakaian, dll. Menunjukkan kreativitas yang sangat tinggi dan memiliki nilai spiritualitas yang belum ada tandingannya….

 

Ok sekian dulu

Shalom, Assalamualaikum, Om Shanti shanti shanti om, Namo buddhaya

Leave a Reply

Lukisan
Event
Event

Indonesia Tanah Ibu Pertiwi