Filosofis Nasi urap >> Nusantara || Dhewa Sihir Agency | DEWA SIHIR AGENCY

Filosofis Nasi Urap

by Vionelix

Siapa yang ngga kenal urap? Oh jelas kaum asing pasti gak tau urap. Tapi warga Nusantara pastilah pernah merasai yang namanya URAP. URAP adalah makanan vegetarian. Isinya dedaunan, sayuran, dan parutan kelapa. Dimakan pakai nasi. Anget anget pasti pas banget.

Nah, saya tidak panjang lebar soal makanan urapnya, karena pasti tahu sudah isi-isinya dan bentuknya, dan segala tampilan fisiknya. Disini saya bahas soal filosofis nasi urap.

Nasi Urap atau urap – urap. Itu memiliki makna filosofis yang baik. Urap sendiri berasal dari kata Urip dalam bahasa Jawa yang artinya hidup. Hidup disini berarti setiap orang mampu menafkahi setiap keluarganya. Dalam makanan urap, biasanya ada sayuran kacang panjang. Kacang panjang ini memiliki makna pemikiran yang maju dan visi jauh kedepan. Selain itu ada juga taoge. Nah taoge ini melambangkan Kreativitas dan tumbuh untuk selalu berkembang. Sayuran lainnya ada juga Kangkung, bermakna jinangkung yang dalam bahasa Jawa, berarti melindungi. Selain itu juga ada Bayam, bermakna Adem Ayem Tentrem. Dan nasi putih, bermakna bersih dan halal.

Biasanya dalam acara selametan, sesepuh kampung memberi pencerahan dulu diawal mengenai nasi urap ini. Jadi setiap hadirin yang datang, paham akan wejangan singkat tentang nasehat hidup. Tidak sampai disini, setiap makanan yang dibuat dengan sungguh sungguh, apalagi dimakan dan tau maknanya, maka akan menjadi doa yang tidak di sadari. Doa apa? Ya dari masing masing makna filosofi dari nasi urap tadi.

Nah sekian dulu artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh… Shalom… Om shanti, shanti, shanti, om… Namaste….

 

Leave a Reply

Lukisan
Event
Event

Indonesia Tanah Ibu Pertiwi